Senin, 02 Maret 2015

Tugas Ide Bisnis (Perencanaan Bisnis)



Nama Kelompok              :               Panggah Aria Mandhagi

Anggota                           :               1. Panggah Aria Mandhagi            (20130410428)
                                                         2. Izra Indora Maulana Widodo     (20130410450)
                                                         3. Riko Pratama Putra Bastiaan     (20130410452)


Hasil Diskusi :

Kedai Kopi Keliling "Kopi Djalanan"
Kami memilih kopi sebagai ide bisnis kami karena kami memang suka dengan kopi dan tidak pernah terlepas dari ngopi tiap harinya. Kedai kopi yang kami konsepkan bukanlah kedai kopi yang menetap di satu tempat saja, tetapi merupakan kedai kopi yang bersifat nomaden atau berpindah-pindah tempat menyesuaikan keadaan dan permintaan konsumen. Konsep ini kami usung karena kedai kopi konvensional sudah sangat umum dan yang pasti membutuhkan dana yang cukup besar untuk memulainya. Kedai kopi yang kami konsepkan merupakan kedai kopi yang menggunakan kendaraan bermotor sebagai medianya. Konsep awal kami sebenarnya ingin menggunakan mobil sebagai media dagang kami. Tetapi, karena kami masih berstatus mahasiswa yang belum memiliki penghasilan sendiri dan memiliki keterbatasan modal akhirnya kami memutuskan mengganti media mobil dengan motor yang diberi gandengan gerobak di belakangnya. Konsep kedai kami adalah retro modern, dimana motor yang kami gunakan adalah motor tua tahun 70an dan gereobak yang kami pakai kami desain memiliki ornament retro. Menu yang ditawarkan di kedai kami  adalah berbagai macam kopi dan roti bakar sebagai pendampingnya, kami tidak menutup kemungkinan menambah menu lain di kemudian hari. Tetapi, menu andalan kami tetap kopi dan roti bakar. konsep pemasaran kami menggunakan media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram,  Kaskus, dan medsos lainnya. Selain itu, juga menggunakan brosur yang di bagikan di tempat-tempat ramai. Kami memandang peluang bisnis ini sebagai peluang bisnis yang menjanjikan, sebab belum banyak yang mengaplikasikan ide ini ke dunia bisnis kreatif d i samping itu kopi sudah  menjadi kebutuhan di berbagai lapisan masyarakat dan kopi juga identik oleh mahasiswa.


Jersey Bola Grade Ori, Clothing, dan Accesoris
Alasan kami mengambil ide bisnis ini adalah melihat pangsa pasar penggemar sepakbola di Jogja ini semakin besar. Meningkatnya Animo masyarakat terhadap jersey jersey bola dan pernak pernik bola lainnya seperti kaos, topi, beanie, syal dan lain lain juga semakin tinggi. Kami juga menyediakan jasa rename, repatch, dan custom di jersey bola tersebut, sehingga memudahkan para pelanggan untuk memesan jersey atau accesoris bola lainnya sesuai keinginan mereka.


Budidaya jamur Tiram
Sumber ide ini adalah dari para pengusaha jamur yg sudah menjalankan usaha ini terbukti bisa memperoleh pendapatan yg menjanjikan dan bisa dijadikan sumber mata pencaharian. Pertumbuhan jamur tiram tidak membutuhkan cahaya, sehingga bisa dilakukan di dalam ruangan. Tujuan pasar kami adalah warung makan yg menyediakan olahan menu dari jamur tiram. Alasan kami memilih ide ini adalah permintaan konsumen akan konsumsi jamur tiram itu terbilang sangat tinggi, karena bisa dijadikan alternatif makanan wajib, dan tentunya juga memiliki gizi yg tinggi.

Tidak ada komentar: