Senin, 30 Maret 2015

Analisis Aspek Marketing, Operasi dan Keuangan (Perencanaan Bisnis)



Nama Kelompok              :               Panggah Aria Mandhagi
Anggota                           :               1. Panggah Aria Mandhagi            (20130410428)
                                                         2. Izra Indora Maulana Widodo     (20130410450)
                                                         3. Riko Pratama Putra Bastiaan     (20130410452)



Aspek Pemasaran

Analisis Internal :

  1. Pelanggan : Pelanggan yg kami tuju adalah mahasiswa yg berlokasi sekitar gedung D FE UMY. Diperkirakan setiap harinya kita bisa menjual 10 cup Kopi dan 15 pcs Roti bakar.
  2. Pesaing : Pesaing kami di kampus adalah Kantin, UMY BOGA dan juga kelompok lain yg juga mempunyai ide bisnis berjualan kopi.


Analisis Eksternal :

  1. Produk : Kami menggunakan kopi dengan berbagai varian rasa yg bisa konsumen pilih sendiri sesuai dengan seleranya. Dan juga untuk roti bakar, kami menyediakan berbagai pilihan rasa, sehingga konsumen bisa memilih rasa sesuai selera mereka, atau bahkan mereka bisa mix & match rasa kesukaan mereka. 
  2.  Harga : kami mematok harga 5rb / cup untuk kopi, dan juga 5 rb / pcs untuk roti bakar 1 rasa. Namun apabila roti bakar mix & match, kami mematok harga 7rb / pcs.
  3. Promosi : kami menggunakan brosur, media social, dan juga menggunakan anggota kelompok kami sebagai SPB untuk menarik konsumen di wilayah UMY. 
  4. Tempat : kami berjualan di sekitar gedung D Fakultas Ekonomi UMY. Atau bisa juga menjajakan keliling di sekitaran kampus UMY.  




Aspek Operasi

Proses Pembuatan kopi :
Kopi diseduh seperti membuat kopi pada umumnya, dengan takaran sesuai dengan yang telah kita sepakati. Di sajikan saat pelanggan memesan produk kami. Bisa disajikan panas atau dingin.

Proses pembuatan roti bakar :
Tiap 1 pcs roti bakar (berisi 2  lembar roti tawar) diisi varian rasa yang berbeda sesuai permintaan pelanggan. Varian rasa yang kami tawarkan yakni cokelat, keju, dan kacang. Atau sesuai dengan permintaan pelanggan demgam konsekuensi harga yang sedikit lebih mahal dari harga regular. Tiap roti bakar di isi dengan susu kental manis dan varian rasa pilihan. Roti diproses setelah adanya permintaan dari pelanggan ini dimaksudkan dengan supaya menjaga rasa roti yang kami sajikan tetap fresh dan tidak membuat eneg.


Aspek Keuangan
 

Nama Barang
Jumlah
Harga Satuan (Rp)
Harga Total (Rp)
Paper Cup
50 pcs
500
25000
Plastic Cup
50 pcs
200
10000
Kopi Instan
1 kg
65000
65000
Varian rasa kopi
1,5kg
55000
82500
Krimer
500 gr
35000
35000
Gula pasir
1,5 kg
12000
18000
Roti Tawar
8 kotak
12500
100000
Susu kaleng
3 kaleng
7000
21000
Keju cheddar
2 kotak
16000
32000
Cokelat butiran
2 bungkus
35000
70000
Selai kacang
1 bungkus
12000
12000
Mentega
3 bungkus
5000
15000
Mika
75 pcs
200
15000
Es batu
10 pcs
1000
10000
Air Galon
1 galon
15000
15000
Sedotan
1 bungkus
5000
5000
JUMLAH
530.500
 

Dengan melakukan penjualan selama 5 hari, dengan tiap harinya bisa menjual 10 cup kopi dan 15 pcs roti bakar, diperkirakan kami akan mendapat omzet sebesar :
= [10(5) + 15(5)] x 5 hari
= [50 + 75] x 5 hari
= [125] x 5 hari
= 625 ribu

Dengan begitu, kami akan mendapat laba :
Omzet - Modal
= 625.000 - 530.500
= 94.000 

Tidak ada komentar: