Senin, 16 Maret 2015

Analisis SWOT Ide Bisnis (Perencanaan Bisnis)


IDE BISNIS 1 : Kedai Kopi Keliling "Kopi Djalanan"



STRENGTHS :

·       Fleksibel

Kedai yg bersifat nomaden memungkinkan kita untuk menyesuaikan dengan event yg sedang ramai, dan juga lebih berpeluang lebih untuk mendapatkan pelanggan.



WEAKNESSES :

·       Cuaca sangat mempengaruhi

     Berbeda dengan kafe/ kedai yg lain yg mempunyai toko fisik, yg apabila hujan, mereka masih tetap nyaman tongkrong di dalam. Kedai kami apabila saat hujan, para pelanggan pun tidak bisa berteduh, tapi sebisa mungkin kami akan berjualan di tempat yg nyaman.



OPPORTUNITIES :

·       Digemari banyak kalangan konsumen

Kegemaran masyarakat akan minum kopi sepertinya sudah berangsur sejak lama dan menjadi trend di kalangan mahasiswa juga. Hal ini juga yg mempengaruhi kita untuk memunculkan ide bisnis ini.


·       Masih jarang kafe yg bersifat nomaden

     Dengan belum banyaknya kafe yg bersifat nomaden, kita masih mungkin masuk di pasaran kedai kopi yg ada di jogja ini.

 ·       Bahan baku mudah didapat

Bahan Baku kami adalah Kopi bermacam macam varian yg bisa didapat di Toko Roti, sehingga memudahkan kami dalam mendapatkan bahan baku untuk usaha kami.



THREATS :

·       Pasokan Energi

Pasokan energi di tiap tempat yang tidak menentu karena kedai kopi bersifat nomaden.

·       Keamanan

Adanya oknum-oknum yang meminta “uang keamanan” sebagai syarat untuk menjaga kelancaran bisnis.

·       Pasokan bahan baku

Pasokan bahan baku yang terlambat mampu menghambat dalam kelancaran pendistribusian ke konsumen.



IDE BISNIS 2 : Jersey Bola Grade Ori, Clothing, dan Accesoris



STRENGTHS :

·       Banyaknya varian produk

Kami tidak hanya menjual Jersey saja, tetapi juga kaos, topi, beanie, syal dan lain lain. Hal ini memungkinkan semakin banyaknya pilihan yg akan konsumen beli, dan juga bisa sebagai inovasi dari ide bisnis kami selanjutnya. Kami juga menyediakan jasa rename, repatch, dan custom di jersey bola tersebut.

·       Kualitas Produk.

     Meskipun kualitas produk kami kw, tapi kami menyediakan produk yg bukan kw ecek ecek , kami menyediakan produk jersey yg dari kualiatas bahan dan sablonnya 90% mirip dengan aslinya. Di bagian kaos, kami juga menyediakan kaos dengan tipe Combed 80s, yg sudah terbukti bagus dan enak dipakai.



WEAKNESSES :

·       Distribusi

Proses distribusi antara dari tangan 1 ke tangan kedua hingga sampai ke kami membutuhkan waktu yg cukup lama, sehingga keterlambatan barang akan sangat mungkin terjadi.



OPPORTUNITIES :

·       Banyak nya Fanbase

     Banyaknya Fanbase (Basis Fans) sepakbola di jogja ini memungkinkan kami untuk menjual barang kami ke mereka.



THREATS:

·       Banyaknya pesaing

     Dengan banyaknya basis fans sepakbola di jogja ini, banyak sekali yg memutuskan juga untuk berjualan jersey untuk bersaing di pasaran jogja.





IDE BISNIS 3 : Jamur Tiram



STRENGHT :

·       Tidak membutuhkan space / ruang yg terlalu besar

Media yg dilakukan untuk berbudi daya jamur tiram tidak besar, kita tidak membutuhkan lahan yg terlalu besar, di dalam ruangan dengan sinar matahari masuk seadanya pun tetap bisa untuk berbisnis jamur tiram.


·       Siklus pertumbuhannya cepat

Kita bisa memetik jamur yg kita tanam tersebut setiap hari.



WEAKNESSES :

·       Banyaknya bahan yg dibutuhkan dalam mendukung pertumbuhannya.Dalam penanaman jamur tiram, kita membutuhkan cukup banyak bahan, misalnya seperti bahan perangsang tumbuhan, dan juga obat obat lainnya yg meningkatkan kualitas jamur yg dihasilkan.



OPPORTUNITIES :

·       Semakin tingginya tingkat permintaan terhadap Jamur Tiram

     Saat ini jamur tiram telah menjadi makanan yg bisa diolah dengan berbagai olahan, seperti saus tiram, goreng tepung, steak, lada hitam, semur, tongseng, dan bisa juga menjadi bahan campuran di sop dan lain lain. Tidak memungkinkan dengan berbagai macam olahan tersebut, masyarakat akan menjadikan jamur sebagai makanan alternative mereka. Sehingga peluang bisnis jamur ini kedepan juga bisa dibilang baik.



THREATS :

·       Kondisi Geografis

     Tanaman jamur biasanya dibudidayakan di daerah dataran tinggi, sehingga apabila dibudidayakan di daerah dataran rendah, sang pengelola harus pintar pintar menjaga suhu ruangannya, jika tidak, tanaman jamur tersebut akan mati.



Tidak ada komentar: